Pengertian, Fungsi Dan Contoh “Surat Komplain” Dalam Bahasa Inggris
Sahabat SBI pernah merasa tidak puas terhadap pembelian atau pelayanan jasa? Mungkin karena sikap customer service yang kurang ramah terhadap sahabat SBI atau karena barang yang diinginkan tidak sesuai dengan ekspekstasi awal dari sahabat SBI. bagaimana bila hal tersebut terjadi? apakah sahabat SBI tetap diam saja atau berkomentar dan meminta gantinya?
Berikut beberapa surat komplain dalam bahasa inggris, yang mungkin dapat sahabat SBI jadikan referensi apabila ingin berkomentar terhadap pelayanan atau barang yang kurang pas bagi sahabat SBI.
Definisi Dan Penjelasan Dan Contoh “Surat Komplain” Dalam Bahasa Inggris
Surat banyak sekali macam nya, dari mulai surat yang formal atau resmi hingga surat yag tidak formal atau tidak resmi. Surat formal merupakan sebuah surat yang biasanya kita kirimkan kepada instansi atau perusahaan yang bersifat formal, sedangkan surat non-formal merupakan sebuah surat yang kita kirimkan kepada teman atau sahabat.
Surat biasanya berisi suatu hal yang kita ingin sampaikan ketika kita tidak dapat bertemu secara langsung. Seperti salah satu contohnya adalah surat komplain, surat komplain merupakan sebuah surat yang ditujukan kepada suatu perusahaan atau penyedia barang dan jasa akibat pelayanan atau barang yang kita beli tidak sesuai dengan yang kita harapkan atau kurang baik, disitulah kita diperbolehkan untuk komplain atau menyampaikan apa yang tidak kita suka.
Tidak ada aturan tertentu dalam menuliskan surat komplain, terutama dalam bahasa inggris, hanya saja kita harus menuliskan alamat yang akan kita tuju (perusahaan) dan juga kemudian komplain yang kita sampaikan haruslah jelas, tidak bertele-tele. Diakhir surat, bubuhkan nama dan tangan kita.
Lalu apa sih fungsi dari surat komplain? Fungsinya tentu saja memberikan kritik dan komentar kepada barang atau pelayanan yang tidak seperti semestinya.
Contoh Surat Komplain Dalam Bahasa Inggris
Berikut beberapa surat komplain dalam bahasa inggris terhadap suatu barang atau jasa yag tidak sesuai dengan ekspekstasi.
Cilacap, 25Juni 2014
Nomor : 14/PT-MI/KKPB/II/2014
Perihal : Komplain Keterlambatan Pengiriman Barang
Kepada,
Yth. Manager Pemasaran
PT. POKOK’E KUAT
Jln. Tempelan No. 76 Cilacap
Dengan hormat,
Kami memberitahukan pada Anda bahwa barang-barang pesanan kami tidak tiba dalam waktu yang telah disepakati sebelumnya.
Dalam surat Anda nomor 178/PT-KJ/PB/III/2014 tertanggal 20 Mei 2014 barang-barang pesanan kami akan datang selambat-lambatnya tanggal 20 Juni 2014. Pada kenyataannya, barang-barang pesanan kami tersebut baru tiba pada tanggal 24 Juni. Artinya, pengiriman barang-barang pesanan kami terlambat 5 hari dari tanggal yang telah ditetapkan dalam surat Anda.
Keterlambatan ini tentunya berdampak besar bagi perusahaan kami karena pelanggan kami menyatakan untuk mengalihkan kerja samanya dengan perusahaan lain. Hal seperti ini adalah kerugian besar bagi kami.
Tentunya keterlambatan seperti ini tidak kami harapkan terulang di masa depan karena jika Anda tidak dapat menepati perjanjian lagi maka dengan berat hati kami harus mencari perusahaan lain sebagai mitra bisnis kami.
Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Nurdin Agus
Manager Pemasaran PT. MEBEL APIK
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh
======================================================================
25 Maret 2015
Nomor : 35/IM/IV/2015
Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta
Hal : Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp : 1 (satu) lembar faktur
Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :
1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC
Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.
Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
TOKO INGIN MAJU
IKHSAN
Pemilik
Demikian Tadi Contoh Surat Komplain Dalam Bahasa Inggris yang dapat sahabat SBI jadikan sebagai referensi 🙂
Check Materi Penting SBI Lainnya :
- Penggunaan, Perbedaan Dan Contoh Preposisi “With, Over, By” Dalam Bahasa Inggris
- Penggunaan, Perbedaan Dan Contoh “Sick, Ill, Pain, Ache, Hurt” Dalam Kalimat Bahasa Inggris
- Pengertian, Macam, Rumus Dan Contoh “Relative Pronoun” Dalam Kalimat Bahasa Inggris
- 5 Contoh Surat Simpati Untuk Orang Yang Sakit Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
- Pengertian, Isi, Tujuan Dan Contoh “Surat Pemesanan Barang” Dalam Bahasa Inggris
- Contoh Present Perfect Tense
- Cerita Bahasa Inggris Dan Artinya
- Contoh Kalimat Simple Present Tense