Pengertian, Fungsi Dan Contoh “Surat Komplain” Dalam Bahasa Inggris

Diposting pada

Pengertian, Fungsi Dan Contoh “Surat Komplain” Dalam Bahasa Inggris

 

Sahabat SBI pernah merasa tidak puas terhadap pembelian atau pelayanan jasa? Mungkin karena sikap customer service yang kurang ramah terhadap sahabat SBI atau karena barang yang diinginkan tidak sesuai dengan ekspekstasi awal dari sahabat SBI. bagaimana bila hal tersebut terjadi? apakah sahabat SBI tetap diam saja atau berkomentar dan meminta gantinya?

Berikut beberapa surat komplain dalam bahasa inggris, yang mungkin dapat sahabat SBI jadikan referensi apabila ingin berkomentar terhadap pelayanan atau barang yang kurang pas bagi sahabat SBI.

Pengertian, Fungsi Dan Contoh "Surat Komplain" Dalam Bahasa Inggris
Pengertian, Fungsi Dan Contoh “Surat Komplain” Dalam Bahasa Inggris

Definisi Dan Penjelasan Dan Contoh “Surat Komplain” Dalam Bahasa Inggris

 

Surat banyak sekali macam nya, dari mulai surat yang formal atau resmi hingga surat yag tidak formal atau tidak resmi. Surat formal merupakan sebuah surat yang biasanya kita kirimkan kepada instansi atau perusahaan yang bersifat formal, sedangkan surat non-formal merupakan sebuah surat yang kita kirimkan kepada teman atau sahabat.

Surat biasanya berisi suatu hal yang kita ingin sampaikan ketika kita tidak dapat bertemu secara langsung. Seperti salah satu contohnya adalah surat komplain, surat komplain merupakan sebuah surat yang ditujukan kepada suatu perusahaan atau penyedia barang dan jasa akibat pelayanan atau barang yang kita beli tidak sesuai dengan yang kita harapkan atau kurang baik, disitulah kita diperbolehkan untuk komplain atau menyampaikan apa yang tidak kita suka.

Tidak ada aturan tertentu dalam menuliskan surat komplain, terutama dalam bahasa inggris, hanya saja kita harus menuliskan alamat yang akan kita tuju (perusahaan) dan juga kemudian komplain yang kita sampaikan haruslah jelas, tidak bertele-tele. Diakhir surat, bubuhkan nama dan tangan kita.

Lalu apa sih fungsi dari surat komplain? Fungsinya tentu saja memberikan kritik dan komentar kepada barang atau pelayanan yang tidak seperti semestinya.


Contoh Surat Komplain Dalam Bahasa Inggris

Berikut beberapa surat komplain dalam bahasa inggris terhadap suatu barang atau jasa yag tidak sesuai dengan ekspekstasi.

Cilacap, 25Juni, 2014
Number: 14/PT-MI/KKPB/II/2014
Subject: Complaint About Delays In Delivery Of The Goods
To,
Designation. Manager Marketing
PT. POKOK’E STRONG
Jln. Glue No. 76 Cilacap
With respect,
We inform you that the goods of our order does not arrive within the time agreed upon in advance.
In your letter number 178/PT-KJ/PB/III/2006 dated May 20, 2014 goods orders we will come no later than June 20, 2014. In fact, the stuff that our orders arrived on 24 June. This means that delivery of the goods of our order too late 5 days from the date that has been set out in your letter.
The delay is certainly a major impact for our company because of our customers stated to shift cooperation with other companies. Something like this is a big loss for us.
Surely the delay like this does not happen we expect in the future because if you can’t keep the Treaty more so with a heavy heart we have to look for other companies as our business partners.
Upon his attention, we say thank you.
Sincerely,
Nurdin Agus
The Marketing Manager Of PT CHIC FURNITURE
(Terjemahan)

Cilacap, 25Juni 2014

Nomor : 14/PT-MI/KKPB/II/2014
Perihal : Komplain Keterlambatan Pengiriman Barang

Kepada,
Yth. Manager Pemasaran
PT. POKOK’E KUAT
Jln. Tempelan No. 76 Cilacap

Dengan hormat,

Kami memberitahukan pada Anda bahwa barang-barang pesanan kami tidak tiba dalam waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Dalam surat Anda nomor 178/PT-KJ/PB/III/2014 tertanggal 20 Mei 2014 barang-barang pesanan kami akan datang selambat-lambatnya tanggal 20 Juni 2014. Pada kenyataannya, barang-barang pesanan kami tersebut baru tiba pada tanggal 24 Juni. Artinya, pengiriman barang-barang pesanan kami terlambat 5 hari dari tanggal yang telah ditetapkan dalam surat Anda.

Keterlambatan ini tentunya berdampak besar bagi perusahaan kami karena pelanggan kami menyatakan untuk mengalihkan kerja samanya dengan perusahaan lain. Hal seperti ini adalah kerugian besar bagi kami.

Tentunya keterlambatan seperti ini tidak kami harapkan terulang di masa depan karena jika Anda tidak dapat menepati perjanjian lagi maka dengan berat hati kami harus mencari perusahaan lain sebagai mitra bisnis kami.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Nurdin Agus
Manager Pemasaran PT. MEBEL APIK


TOKO INGIN MAJU
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh
======================================================================
March 25, 2015
Number: 35/IM/IV/2015
To
PT Advanced Electronics
Jln. Appendix No. 202
Jakarta
Thing: The Complaint Of Damage To Goods
Lamp: one (1) invoice sheet
With respect,
Goods orders from relatives who include:
1.22 Unit Refrigerator
2. the 20 Unit washing machine
3.30 TV Unit
4.10 units the fan
5.5 units of AIR CONDITIONING
We have received. Top Civil Service, we tell them thank you.
At the time of the order item is opened, we were a little disappointed because it turns out that there are 5 units of Glass TV broke so it can’t be sold.
Therefore, with great regret, we affirm that the broken TV unit 5 will we return, we’re Brother sends a new TV unit 5. Alongside this we attach an invoice purchase such items to further facilitate the settlement of the issue.
The top concern of our brother, tell them thanks.
Sincerely,
THE STORES WANT TO FORWARD
IKHSAN
The owner of Toko Ingin Maju
(Terjemahan)
TOKO INGIN MAJU
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh
======================================================================

25 Maret 2015

Nomor : 35/IM/IV/2015

Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta

Hal : Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp : 1 (satu) lembar faktur

Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :

1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC

Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.

Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
TOKO INGIN MAJU

IKHSAN
Pemilik


Demikian Tadi Contoh Surat Komplain Dalam Bahasa Inggris yang dapat sahabat SBI jadikan sebagai referensi 🙂

Semoga bermanfaat

Check Materi Penting SBI Lainnya :