Hyperbole dari bahasa Yunani: ὑπερβολή hyperbolē, yang berarti “berlebihan”) adalah penggunaan berlebihan sebagai perangkat retoris atau kiasan. Ini dapat digunakan untuk membangkitkan perasaan yang kuat atau untuk membuat kesan yang kuat, tetapi tidak dimaksudkan untuk dipahami secara harfiah.
Hyperbole digunakan untuk membuat efek membesar-besarkan atau untuk penekanan. Sebagai perangkat sastra, Hyperbole sering digunakan dalam puisi, dan sering ditemui dalam pidato santai. Banyak sekali penggunaan Hyperbole yang menggambarkan sesuatu yang lebih baik atau lebih buruk daripada yang sebenarnya. Contoh Hyperbole adalah:. “.The bag weighed a ton” Hyperbole membuat kesan bahwa tas itu sangat berat, meskipun mungkin tidak sampai seberat ton.
Dalam kalimat retorika, beberapa lawan dari majas Hyperbole adalah meiosis, litotes, understatement, lackluster, prosaic, dull and bathos (yang digunakan untuk menggambarkan ‘kekecewaan’ setelah majas Hyperbole dalam sebuah frase). Sebuah Hyperbole adalah bentuk kata-karta yang menggunakan pernyataan berlebihan atau klaim yang seharusnya tidak dipahami secara harfiah. Hyperbole bukan hanya digunakan dalam retorika, tetapi juga sering ditemukan pada percakapan sehari-hari.
Hyperbole dapat ditemukan dalam literatur dan komunikasi lisan. Mereka tidak akan digunakan dalam karya-karya nonfiksi, seperti jurnal medis atau makalah penelitian; tetapi, mereka yang sempurna untuk karya fiksi, terutama untuk menambah warna karakter atau humor cerita.
Hyperbole adalah perbandingan, seperti simile dan metafora, tetapi sangat keterlaluan dan bahkan konyol.
Hyperbole memberikan efek Semangat dan Kegembiraan
Sebuah cerita yang membosankan bisa berubah menjadi menarik atau menjadi lucu dengan penggunaan Hyperbole.
Beberapa contoh Hyperbole meliputi:
“I’ve told you a million times”.
Aku sudah bilang padamu sejuta kali
“It was so cold, I saw polar bears wearing jackets”.
Itu sangat dingin, hingga aku melihat beruang kutub mengenakan jaket
“She is so dumb, she thinks Taco Bell is a Mexican phone company”.
Dia begitu bodoh, dia berpikir Taco Bell adalah perusahaan telepon dari Meksiko
Berikut adalah beberapa contoh umum Hyperbole:
“I am so hungry I could eat a horse”.
Saya sangat lapar aku bisa makan kuda.
“I have a million things to do”.
Aku punya sejuta hal yang harus dilakukan.
“I had to walk 15 miles to school in the snow, uphill”.
Aku harus berjalan 15 kilometer ke sekolah dalam salju, menanjak bukit.
“I had a ton of homework”.
Aku punya satu ton pekerjaan rumah.
“If I can’t buy that new game, I will die”.
Jika saya tidak bisa membeli permainan baru, saya akan mati.
“He is as skinny as a toothpick”.
Dia sekurus tusuk gigi.
“This car goes faster than the speed of light”.
Mobil ini berjalan lebih cepat dari kecepatan cahaya.
“That new car costs a bazillion dollars”.
Mobil baru itu seharga bazillion dolar.
“We are so poor; we don’t have two cents to rub together”.
Kami sangat miskin; kami tidak memiliki dua sen untuk menggosok bersama-sama.
“That joke is so old, the last time I heard it I was riding on a dinosaur”.
Lelucon yang sangat tua, terakhir kali saya mendengar itu ketika saya naik dinosaurus.
“They ran like greased lightning”.
Mereka berlari seperti kilat berminyak.
“He’s got tons of money”.
Dia punya berton-ton uang.
“You could have knocked me over with a feather”.
Anda bisa mengetuk saya dengan bulu.
“Her brain is the size of a pea”.
Otaknya seukuran kacang polong.
“He is older than the hills”.
Dia lebih tua dari bukit-bukit.
Hyperbole di Media dan Sastra
Jika digunakan dengan benar, Hyperbole dapat mendorong konsumen untuk membeli sebuah produk.
Riset pemasaran dari Roger J. Kreuz, PhD untuk personil militer Science Research Lokakarya pada bulan Juni 2001 di Memphis TN, telah menunjukkan bahwa 75% dari iklan menggunakan setidaknya satu kiasan.
Contoh Hyperbole dalam iklan meliputi:
“adds amazing luster for infinite, mirror-like shine”. (Brilliant Brunette shampoo)
Menambah kilau yang luar biasa untuk tak terbatas, bersinar seperti cermin
“It doesn’t get better than this”. (Oscar Meyer)
Tidak bisa lebih baik daripada ini